Processor Intel 8-Core Akan Diluncurkan Bulan Maret 2010 Ini

Tidak diragukan lagi, konsumen tahu betul rencana Intel dan AMD untuk meluncurkan processor 6-core dalam beberapa bulan mendatang. Setelah Advanced Micro Devices memasarkan processor 12-core Magny-Cours, kini Intel bersiap-siap untuk secara resmi merilis prosesor server Xeon 8-core nya pada akhir bulan Maret 2010 ini juga.

Processor multi-core dengan lebih dari dua atau tiga core tidak benar-benar menyebar di pasaran konsumen. Ini bukan hanya karena quad-core yang lebih mahal, tapi juga karena ada beberapa aplikasi yang relatif mampu mengambil keuntungan.

Namun demikian, situasinya sangat berbeda. Server, data center dan superkomputer selalu memproses sejumlah besar pekerjaan secara paralel, yang membuat beberapa core khususnya efektif, apalagi jika mereka dirancang dengan HyperThreading. Processor 8-core Xeons akan dapat berjalan di server empat-socket dan, dengan memanfaatkan dua thread dari setiap core yang ada, hitungan CPU logis dapat mencapai 64 core pada sistem tunggal.

Skalabilitas tinggi ini dilengkapi dengan 256KB L2 dari memori cache untuk setiap core, L3 cache 24MB yang dishare dengan teknologi Turbo Boost, yang mana dapat mematikan core yang tidak digunakan agar dapat dengan aman dan efektif mengurangi beban penggunaan. Processor 8-core juga mempunyai kontroler memori dengan empat kanal memori DDR3 dan dibangun pada proses 45nm HKMG (hal ini didasarkan pada arsitektur Nehalem).

Processor 8-core akan dirilis secara resmi pada akhir bulan ini. Selain itu, Intel bersiap untuk secara resmi menambahkan Processor Westmere-EP pada waktu yang sama pula. Ini akan didasarkan pada proses Westmere 32nm dan akan memiliki enam core (ditujukan pada server dua-soket), sebuah 12MB L3 cache dan tiga saluran DDR3.

0 komentar: