Bermain Game Dapat Menyelamatkan Dunia

Seorang perancang game mengemukakan teorinya tentang manfaat bermain game. Menurutnya, bermain video game dapat menyelamatkan dunia. Kok bisa?

Teori ini dilontarkan oleh Jane McGonigal, seorang perancang sekaligus pengamat game. Dalam acara konferensi Technology Entertainment Design (TED) yang digelar di Amerika Serikat, wanita itu mengatakan bahwa game dapat menyelamatkan kehidupan di dunia.




? dtc.com

"Hanya video game yang dapat menyelamatkan dunia, tetapi hanya bila kita meluangkan lebih banyak waktu untuk memainkannya," ujar McGonigal.

Adapun yang dimaksud McGonigal game dapat menyelamatkan dunia adalah, memerangi kelaparan, kemiskinan maupun konflik global. Memang sebuah teori yang 'nyeleneh', namun McGonigal punya beberapa alasan sebagai dasar teorinya tersebut.

"Dalam dunia game, manusia dapat berlaku baik ketimbang di dunia nyata. Misalnya dalam game World of Warcraft, dimana para pemain saling membantu untuk menyelamatkan dunia mereka, Azeroth," tambah McGonigal.

Bagi McGonigal, manusia manusia bakal memiliki hasrat lebih kuat untuk melakukan kebaikan. Lagi-lagi ia mengambil contoh dalam game online terbesar World of Warcraft.

"Penduduk dalam World of Warcraft semuanya aktif bekerjasama, tidak ada yang hanya duduk manis dan berpangku tangan," tukas pembesut game Urgent Evoke itu.

McGonigal memang sangat percaya bahwa game sejatinya bisa berdampak baik dalam kehidupan manusia, dalam game yang pernah ia ciptakan, Urgent Evoke, mengajarkan bagaimana untuk selaku berlaku baik dalam kehidupan nyata.


(Dyah MN/dtc/ictf)

0 komentar: