Microsoft dan Yahoo Tanda Tangani Kerja Sama

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Kerja sama bisnis mesin pencarian (search engine) dan periklanan online antara Microsoft dan Yahoo akhirnya ditandatangani. Kedua belah pihak menyatakan telah menyelesaikan semua bagian kesepakatan dalam kerja sama tersebut dan berharap dapat mengimplementasikannya mulai tahun depan.

"Microsoft dan Yahoo yakin kesepakatan ini akan menciptakan alternatif layanan mesin pencarian yang lebih berkelanjutan dan lebih menarik sehingga memberi pilihan nyata, keuntungan lebih, dan inovasi bagi konsumen, pengiklan, dan para penerbit," demikian pernyataan bersama yang

dirilis Jumat lalu.

Nota kesepahaman antara kedua pihak sebelumnya disetujui Juli lalu antara CEO Microsot Steve Ballamer dan CEO Yahoo Carol Bartz. Dalam kerja sama tersebut, keduanya sepakat melakukan kerja sama selama sepuluh tahun untuk menyaingi Google yang saat ini menguasai pasar mesin pencarian dan periklanan online.

Salah satu kesepakatan utama adalah Yahoo akan menggunakan search engine Bing buatan Microsoft di situsnya. Yahoo juga akan mendapatkan bagian dari pendapatan iklan yang diperoleh Microsoft dari bisnis mesin pencarian dan jaringan iklannya. Kesepakatan tersebut merupakan bentuk kompromi dari tawaran akusisi Yahoo oleh Microsoft, namun ditolak beberapa kali.

0 komentar: