eBay Didenda Jutaan Dolar Gara-gara Parfum

Tak mampu menghalangi penjualan parfum mewah, situs eBay harus menggelontorkan uang jutaan dolar mengikuti keputusan dari pengadilan.

eBay dinyatakan bersalah oleh pengadilan Perancis karena ketahuan menjual sejumlah parfum yang dimiliki oleh grup LVMH kepada konsumen di Perancis. Sejumlah parfum yang dipermasalahkan di antaranya berasal dari brand-brand kelas wahid seperti Christian Dior, Guerlain, Givenchy dan Kenzo.

Keputusan pengadilan ini mengikuti keputusan serupa tahun lalu karena eBay tidak menghormati sistem yang diperjuangkan pemilik brand. Pemilik brand berpendapat bahwa barang-batang mewah bernilai eksklusif hanya bisa didapatkan di outlet terpilih dan bukannya di situs online gratis.

Kini atas kegagalannya dalam menyaring barang yang masuk tersebut, eBay harus membayar denda US$ 2,5 juta. Padahal, eBay mengaku mereka sudah mengeluarkan uang jutaan dolar pula untuk software penyaring yang dipakai guna mengecek jutaan barang yang masuk setiap hari.

Ini bukanlah pertama kalinya eBay berhadapan dengan brand mewah di pengadilan. Sebelumnya eBay juga kedapatan menjual jam Rolex palsu dan kosmetik L'oreal abal-abal yang mengharuskan situs lelang ini mengeluarkan biaya jutaan dolar juga untuk membayar denda. (HuffingtonPost/Detik)

0 komentar: