Windows 7 Pegang 5% Pangsa Pasar OS

Windows 7 melewati titik 5 persen pangsa pasar di akhir pekan lalu. Prestasi tersebut membuatnya, secara sementara berada di atas pangsa pasar seluruh versi Mac OS X milik Apple.

Menurut Net Applications, pada dua hari di akhir pekan lalu, Windows 7 memperkuat sekitar 5 dan 5,14 persen dari seluruh komputer yang terhubung ke internet di hari tersebut. Rata-rata di dua hari tersebut, yang mencapai 5,07 lebih tinggi dibandingkan sistem operasi milik Apple yang pada 15 sampai 21 November lalu rata-rata hanya digunakan oleh 5 persen pengguna internet.

“Boleh dibilang bahwa pangsa pasar harian Windows 7 sudah melampaui rata-rata pangsa pasar mingguan Mac,” kata Vince Vizzaccaro, Executive Vice President Net Applications, pada PCWorld, 29 November 2009.

Sayangnya Net Applications belum menyelesaikan laporan rata-rata penggunaan harian Mac OS X untuk dibandingkan dengan raihan yang didapat Windows 7 di akhir pekan tersebut.

Jika Windows 7 dibandingkan dengan Mac OS X pada kurun 15 sampai 21 November, sistem operasi Microsoft tersebut baru mencapai 4,15 persen, masih di bawah Apple yang punya 5 persen.

Meski demikian, Vizzaccaro yakin bahwa Windows 7 akan melampaui Mac OS X dari rata-rata harian atau mingguan. “Jika melihat grafik tren, Windows 7 akan melampaui pangsa pasar Mac dalam waktu dekat,” ucapnya.

Net Applications juga mencatat bahwa pangsa pasar Windows 7 tumbuh stabil setelah peluncurannya 22 Oktober 2009. Seminggu setelah dirilis, OS tersebut menguasai 2,7 persen pasar. Angkanya naik menjadi 3,3 persen di minggu kedua, dan menjadi 3,7 dan 4 persen di minggu-minggu berikutnya.

Sebagai informasi, pangsa pasar keseluruhan Windows di kurun 15 sampai 21 November lalu mencapai 92,64 persen, naik sedikit dibandingkan bulan Oktober yang ada di kisaran 92,52 persen. (PCWorld/Vivanews)

0 komentar: