PS3 Dijadikan Pendukung Server Depatemen Pertahanan US

Ribuan konsol game PS3 diborong oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Namun tentu saja pembelian ini bukan untuk memanjakan anggotanya.

Sebanyak 2.200 konsol tersebut dipakai guna meningkatkan kekuatan prosesor komputer super yang mereka miliki. Dan pemilihan PS3 itu pastinya bukan tanpa alasan.

Harga yang lebih miringlah yang mendorong militer AS untuk memanfaatkan sel prosesor yang ada dalam PS3, alih-alih memakai produk keluaran vendor lain, seperti IBM. Walaupun sudah terbukti sel prosesor milik PS3 tidak memiliki kekuatan yang mumpuni seperti prosesor sejenis, namun sepertinya mereka cuek dengan hal ini.

"1 server 1U yang dikonfigurasi dengan 2 sel prosesor 3.2GHz bisa merogoh kocek sampai US$8.000, sedangkan 2 Sony PS3 hanya memakan biaya US$600," demikian sepenggal pernyataan yang ada dalam Justification Review Documents.

Nantinya, ribuan PS3 ini akan dijejalkan dalam jaringan sistem 336 yang telah ada milik Angkatan Udara Amerika Serikat yang ada di Rome, New York.

Pemakaian kekuatan PS3 memang bukan pertama kalinya dilakukan AS. Beberapa saat lalu, US Immigration & Customs Enforcement Cyber Crimes Center menuai keberhasilan dalam memanfaatkan jaringan PS3 untuk meng-crack pornografi anak yang disembunyikan. (Gizmodo/Detik).

0 komentar: