OTOMOTIFNET - Avanza punya 3 varian; tipe E yang terendah, lalu G, dan tertinggi S. Kabinnya pun berbeda berdasarkan warna serta bahan pelapis jok dan panel pintu yang spesifik. Mulai varian E yang berwarna abu-abu, sampai kelas S dengan warna ivory (kuning gading).

Kalau kurang puas sama tampilan warna standarnya, kenapa enggak ganti dengan produk pelapis jok aftermarket? Tapi, warna apa yang cocok untuk masing-masing tipe Avanza?

OUT OF THE BOX

Kalau mau kasih sentuhan lebih personal pada jok enggak usah bingung lagi. Banyak pilihan warna kulit sintetis. Tak usah pula terpaku dengan warna dasbor yang abu-abu. “Karena kini sudah ada warna-warna yang out of the box,” buka Laurentius Teddy dari Murano Boutique Radio Dalam Jaksel.

Pilihan best choice dari Murano seperti cooper (merah bata), steady brown (coklat) sampai ke cherry red (merah menyala). Warna-warna berani itu menurut Teddy, begitu ia diakrabi, sudah langsung klop sama warna dasbor.

Ya warna dasbor memang acap jadi patokan buat padu padan warna baru jok. Dijamin olenya bahwa pilihan konsumen tinggal plug in ke warna dasbor.

WARNA STABILO

Pilihan warna konservatif dari MBtech bisa pilih warna produk Superior. Jika Anda mau lebih bergengsi pakai varian Camaro.

Warnanya ada black, golden beige sampai army green. “Kami sudah bikin tes yang panjang buat masuknya warna-warna pelapis jok baru agar bisa pas sama warna dasbor orisinal Avanza,” yakin Maulana Martadi, managing director MBtech.

“Tapi perkembangan sejak awal tahun 2009, konsumen juga sudah berani main warna’” imbuh Dana Iswanto, brand manager MBtech. Ia tunjuk warna tomato, orange, mango hingga pink.

Untuk warna yang mencolok itu juga sudah dipilih secara khusus agar bisa langsung klop sama warna orisinal dasbor. “Bagaimanapun unsur estetika tetap kami perhatikan,” yakin Maulana.

BIAYA BERSAHABAT

Mirip-mirip sih harga sodoran kedua kampiun pelapis kabin ini. Murano kasih tarif Rp 2 jutaan per mobil. “Masa pengerjaan 2-3 hari,” sebut Teddy. Di butiknya, biasanya konsumen pilih warna dan motif dulu lalu dibuatkan modelnya untuk kemudian dipasang, paling tidak dua hari kemudian kelar.

Gerai-gerai asuhan MBtech umum­nya juga punya waktu kerja sama. “Untuk order 2 baris biayanya Rp 2 jutaan, 3 baris Rp 2,5 sampai 2,7 jutaan,” sebut Dana saat ditemui di kantornya di bilangan Kelapa Gading Jakut.

Pilihan 2 baris umumnya butuh 9 sampai 10 meter bahan. Menu tiga baris bisa 15 meteran. Ini buat bahan bernama MBtech Camaro. Yang lebih murah, MBtech Superior, harga lebih rendah sekitar Rp 200 ribu.

Baik Camaro maupun MBtech, pelapis jok itu sudah sepaket dengan pelapis panel pintu (doortrim).

Penulis/Foto: eRIE / F.Yosi

0 komentar: