Microsoft telah merilis data yang mengambil jangka waktu selama satu minggu. Pengujian tersebut dilakukan untuk menelaah penggunaan anti malware Microsoft Security Essentials (MSE), anti virus gratisan debutan Microsoft.

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, sistem operasi XP sejauh ini dinyatakan lebih rentan daripada Windows Vista, sedangkan Vista lebih rentan dibanding Windows 7. Namun demikian, ada banyak pendapat yang menyatakan masih terlalu dini untuk membuat penilaian definitive tentang keamanan relatif pada Windows 7. Pasalnya, peluncuran OS teranyar Microsoft ini baru saja dilakukan pada akhir Oktober 2009.

Pada minggu pertama setelah MSE dirilis, Microsoft mengatakan bahwa software tersebut sudah diunduh sebanyak 1,5 juta kali. Software tersebut sedikitnya telah mendeteksi empat juta masalah keamanan pada 532.752 komputer yang berbeda. Microsoft juga membeberkan bahwa ada banyak masalah keamanan yang terdeteksi di mesin Windows XP daripada di Windows Vista maupun Windows 7.

Jumlah ancaman di Windows XP terjadi sebanyak 52%, Windows Vista 32%, dan Windows 7 sebesar 16%. Beberapa temuan menarik datang dari analisis ancaman pada beberapa negara. Di Amerika Serikat, Trojan merupakan malware paling umum. Sementara Brazil yang menyandang sebagai negara penghasil worm terbesar di dunia, Conficker dan Taterf menjadi penyakit jaringan paling utama. (infokomputer)

0 komentar: