First Media Menang Tender Untuk Jaringan Wimax di Indonesia
Di post Agu 19, 2009



PT First Media Tbk (KBLV) secara resmi telah ditunjuk sebagai salah satu pemenang tender untuk menyelenggarakan jaringan tetap lokal berbasis Packet Switched yang menggunakan Pita Frekuensi Radio 2.3Ghz untuk keperluan Pita Lebar Nirkabel.

"Dengan telah ditunjuknya First Media sebagai salah satu penyelenggara jasa Wireless Broadband, untuk wilayah Jabodetabek, Banten dan Sumatera Utara, diharapkan First Media sebagai salah satu operator penyedia jasa internet yang utama di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam melayani kebutuhan permintaan akan jasa pelayanan internet," kata Presiden Komisaris First Media Peter F Gontha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (18/8/2009).

Latar Belakang Proyek Wireless Broadband Access adalah peningkatan permintaan yang sangat pesat akan jasa internet di Indonesia belakangan ini yang juga ditunjang oleh peningkatan jumlah penjualan perangkat komputer, penyedia jasa internet harus dapat menyiapkan jumlah kapasitas bandwidth yang memadai yang ditunjang dengan teknologi dan kecepatan yang tinggi serta kemudahan dalam akses dan jangkauan yang lebih luas.

Oleh karenanya pemerintah Indonesia mencanangkan menggelar jasa pelayanan internet yang berbasis frekuensi, seperti WiMax, di tahun 2009 ini. WiMax atau Worldwide Interoperability for Microwave Access adalah merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (atau yang lebih dikenal dengan istilah Broadband Wireless Access atau disingkat 'BWA') yang mempunyai kecepatan akses yang tinggi dan ditunjang dengan jangkauan yang sangat luas.

Selanjutnya, pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika mengumumkan dan mengundang operator penyelenggara jaringan dan penyelenggara jasa telekomunikasi untuk mengikuti tender BWA sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4/KEP/M.KOMINFO/1/2009 tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Packet Switched Yang Menggunakan Pita Frekuensi Radio 2.3 Ghz Untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband), dimana First Media merupakan salah satu pemenang tender First Media melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 237/KEP/M.KOMINFO/07/2009 tanggal 27 Juli 2009 secara resmi telah ditunjuk sebagai salah satu pemenang tender untuk menyelenggarakan jaringan tetap lokal berbasis Packet Switched untuk keperluan Pita Lebar Nirkabel di Indonesia.

Adapun zona layanan resmi yang menjadi cakupan dari First Media adalah meliputi:
- Zona layanan 1 (Sumatera Bagian Utara), peringkat pertama, dengan alokasi satu blok frekuensi pada Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz dengan lebar 15 MHz
- Zona layanan 4 (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi dan Banten), peringkat pertama, dengan alokasi satu blok frekuensi pada Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz dengan lebar 15 MHz. (okezone)

0 komentar: