Software 'Palsu' Menghasilkan Uang 34 Juta Dollar Sebulan





Pandalabs mengumumkan dari data yang didapat atas serangan dan penipuan di Internet. Cybercryme banyak menyebarkan Rogueware melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace Twitter sampai search engine Google.

Rogueware dikenal juga sebagai software palsu, fungsinya untuk mencuri uang dari pengguna internet atas fungsi software yang sebenarnya tidak berfungsi apa-apa. Contohnya Seperti software antivirus palsu yang memberikan peringatan palsu dan penguna internet harus membayar bila ingin mengunakan software secara penuh.


Contoh Rogueware

Pandalabs mengatakan sekitar 637 ribu lebih Rogueware baru akan muncul sampai kuartal 3 tahun ini.
Rogueware masuk secara diam-diam ke dalam komputer korban, jumlahnya telah mencapai 35 juta komputer yang terhubung ke internet setiap bulan. Angka tersebut sudah mencapai 3.5 persen dari semua komputer yang ada.

Hasil dari penipuan software palsu diperkirakan memberikan pendapatan sampai 34 juta dollar perbulan bagi cybercrime.

Awal tahun 2009, situs jejaring seperti Facebook, MySpace, Twitter dan Digg menjadi target paling besar untuk menyebarkan Rogueware. Penyebar mencoba memasukan dan mencari berita seperti hot topik SEO Ford Motor, Comment di Digg (menjadi penyebar utama), Twitter trend topic, Wordpress yang memiliki kelemahan dengan Blackhat SEO dan Koobface dari Twitter.

Perubahan bentuk Rogueware memang sangat cepat, dan sulit terditeksi. Diperkirakan ada 200 keluarga dari Rogueware pada kuartal 1 tahun 2009. Kuartal 2 mulai berubah bentuk dengan tambahan gambar. PandaLabs memperkirakan akan lebih banyak lagi muncul Rogueware.

Seperti apa cara bisnis Rogueware

Dari laporan yang ada, Rogueware memiliki cara bisnis berbeda. Dibagi antara pembuat dan penyebar.
Pembuat bertanggung jawab atas aplikasi, pendistribusian, cara pembayaran dan layanan di belakang layar.

Kaki tangan lainnya bertanggung jawab untuk menyebarkan software lain sebanyak mungkin, seperti menakut-nakuti pengguna komputer dengan peringatan palsu. Berapa komisi dari si penjual, ternyata mencapai 50-90% total penjualan software Rogueware.



.

0 komentar: