Kehadiran Homepage Yahoo Yang Terbaru Membuat Jadi Lebih Personal

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...

y3Situs yang paling banyak dikunjungi, Yahoo.com, baru saja mendesain ulang secara menyeluruh (kini Anda bisa melihatnya langsung dengan segera mengunjungi situs m.www.yahoo.com). Dan pada waktu yang bersamaan juga telah mengumumkan sejumlah perbaikan pada homepage barunya tersebut. Dalam hal ini pihak Yahoo pun menyatakan bahwa untuk peluncuran homepage terbarunya ini telah menghadirkan perubahan yang sangat signifikan sejak yahoo beroperasi.

Tiga tahun telah berlalu sejak terakhir kali Yahoo berubah penampilan. Demi meningkatkan persaingan dengan situs-situs pencari lain seperti Bing dan Google, Yahoo melakukan perubahan besar tahun ini. Perubahannya sendiri telah dimulai di Amerika sejak 21 Juli yang lalu. Tetapi untuk pengguna di Indonesiapun tak perlu merasa khawatir karena pada saat ini juga Anda sudah bisa menggunakannya dengan pilihan bisa kembali ke tampilan yang lama.

Homepage Yahoo terbaru menandai sebuah tampilan yang signifikan untuk website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ada banyak Ajax yang membuat homepage Yahoo ini lebih interaktif. Dan Yahoo telah melakukan upaya besar untuk membuat pengguna lebih fokus pada homepage yang baru tersebut. Homepage ini memiliki kotak pencarian yang lebih besar. Dan yang pasti lebih menekankan pada personalisasi, konten berita dan komunitas, yang berawal dari portal tahun 90-an untuk homepage yang lebih fokus ke penggunanya.

yahoonew

Ini bukan sulap bukan sihir. Inovasi ini adalah layanan terbaru dari Yahoo! yang kini sedang mempromosikan halaman depan (frontpage) baru dari Yahoo!. Frontpage baru Yahoo! bahkan juga bisa untuk membuka Facebook, Ebay, Gmail, juga situs-situs berita Indonesia lainnya. Dengan wajah baru ini, tampilan Yahoo memang lebih segar dan fleksibel. Pengguna Yahoo! bahkan bisa membuka email Gmail. Mereka juga bisa membuka layanan Facebook ataupun situs lelang Ebay.Dengan kata lain Yahoo! menjadi satu website pembuka untuk semua.

Panel yang ada memanjang pada bagian paling kiri. Jika sebelumnya semua layanan yang dimiliki yahoo dipajang statis, kini menjadi dinamis dan dapat dikustomisasi serta boleh memilih menu apa saja yang akan ditampilkan di My favorite. Dari bar My Favorites ini, pengunjung dapat mengakses situs-situs lain yang disukai tanpa harus membuka window atau tab baru. Cukup mengarahkan kursor ke salah satu icon web yang terpampang dan update di web yang diinginkan akan langsung terpampang. Bar My Favourites ini juga memungkinkan pengguna Yahoo untuk menghubungkan account di situs pertemanan misalkan Facebook dengan Yahoo sehingga apa yang tampil di Facebook juga akan muncul di tampilan Yahoo anda.

yh2

Fitur lain yang berubah terdapat pada Search Toolbar. Dan untuk bagian ini biasanya diisi untuk hal yang ingin dicari saja, tapi kini yahoo menambahkan Assistant Mode pada Search Toolbar untuk memunculkan situs-situs yang disarankan. Fitur ini hampir mirip dengan fitur jumlah view di Google tapi yang membedakannya adalah Assistant Modenya bisa dimatikan.

Sementara itu ada bagian yang tidak dikustomisasi yaitu bagian yang dikenal dengan LCD (Lowest Common Denominator), yang mana pada pengimplementasiannya lebih terfokus ke selebritis sebagai contohnya.

yahoo-celeb

Sebuah catatan akhir bagaimana desain baru yahoo.com melengkapi My Yahoo!, yang merupakan “personalized start page” milik Yahoo. Yahoo.com sendiri masih sangat banyak ‘portal’ utamanya, tetapi sekarang lebih banyak menggunakan fungsi web 2.0 seperti ‘kolektif inteligence’ jelas di Y! Pulse. Yahoo.com yang baru juga memiliki personalisasi di dalamnya, dengan fitur seperti Personal Assitant. Namun MyYahoo! masih merupakan pilihan bagi pengguna Yahoo yang ingin sepenuhnya personalisasi halaman web mereka mulai dengan konten berlangganan RSS feed dan sejenisnya.

Secara keseluruhan, halaman preview Yahoo.com yang baru mengalami perbaikan yang besar pada desain lama, baik dalam hal melihat dan merasakan dengan fungsionalitas. Mengingat bahwa yahoo.com adalah yang webpage yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan dengan demikian perubahan apapun yang terjadi telah banyak mempengaruhi jutaan penggunanya. Dengan desain yang baru ini merupakan langkah maju yang besar. Tampilannya yang lebih terlihat lebih kontemporer dibandingkan dengan versi sebelumnya dan memperkenalkan fungsi-fungsi dari ‘web 2.0′ ke umum. Lalu bagaimana dengan pendapat Anda sendiri?

Cara baru ini merupakan strategi Yahoo! untuk mendongkrak pengunjung dan pendapatan setelah mereka disalip oleh Google dan MSN.com milik Microsoft dalam soal jumlah pengunjung. Seperti yang telah diutarakan oleh Pontus Sonnerstedt, Direktur Senior Bisnis dan Pengembangan Yahoo! Asia Tenggara, sejak Yahoo! meluncurkan wajah baru ini, pertumbuhan pengunjungnya naik dengan dramatis. Menurut data comScore.com saat ini Yahoo! adalah salah satu situs tersibuk di internet. Mei lalu, jumlah pengunjung mereka lebih dari 570 juta orang. Perombakan wajah yang dilakukan situs berumur 15 tahun ini terakhir kali adalah pada 2006.

0 komentar: