Hacker Rusia Jebol 130 Juta Nomor Kartu Kredit
Di post Agu 19, 2009



Tiga pria dituntut karena terlibat kasus hacking kartu kredit terbesar sepanjang sejarah. Lebih dari 130 juta nomor kartu debit dan kredit berhasil mereka hack.

Trio kriminal ini rupanya memang sudah lama malang melintang di dunia hacking kartu kredit. Albert Gonzalez, salah satu tersangka pelaku kriminal tersebut sebelumnya pernah pula mendekam dalam penjara dengan kasus yang sama.

Sementara dua tersangka lain asal Rusia yang tidak disebutkan namanya dikenai tuntutan berhubungan dengan pembobolan data milik lima perusahaan dari tahun 2006 hingga 2008.

Untung saja aksi mereka keburu dipergoki oleh penegak hukum. Jika tidak, kemungkinan besar mereka bisa meraup untung lebih banyak lagi. Kepolisian New Jersey yang menangani kasus ini mengatakan, mereka tengah mengincar dua perusahaan ternama lainnya.

Gonzales dan dan kedua orang Rusia yang teridentifikasi dengan nama "Hacker 1" dan "Hacker 2" memang mengincar perusahaan-perusahaan ternama dengan memindai daftar perusahaan yang termasuk dalam Fortune 500. Mereka kemudian membobol situs perusahaan yang menjadi target dan mencari jalan membobol nomor kartu debit dan kredit.

Kini ketiganya dituntut atas kasus kerjasama dalam mendapatkan akses komputer milik orang lain secara ilegal. Mereka pun dikenai pasal berlapis karena kerjasama yang mereka lakukan selain memasuki dan merusak komputer korban, mereka pun kemudian melakukan perampokan secara online.

Atas tuntutan itu, mereka harus menghadapi ancaman hukuman maksimal 35 tahun penjara dan denda dalam jumlah sangat besar. (Reuters/Okezone)

0 komentar: