Android vs BlackBerry, yang Menang Apple?


Nasib Android ke depan kemungkinan akan diarahkan menjadi pesaing langsung BlackBerry buatan Research In Motion (RIM). Google sebagai pengembang platform-nya menyatakan bahwa sistem operasi tersebut akan lebi difokuskan ke pasar bisnis bukan konsumer.

Hal itu seperti dilaporkan Reuters mengutip salah satu eksekutif puncak Google yang mengurusi Android, Andy Rubin. Dalam pernyataannya, Jumat lalu, Rubin mengatakan selain mengembangkan fitur-fitur konsumer seperti jaringan sosial dan game, Android akan dijadikan platform pengembangan solusi bisnis yang dapat mendukung pekerjaan.

"Hari ini, kami tidak mendukung banyak aplikasi enterprise, namun ke depan, saya kira enterprise akan menjadi fokus yang utama bagi kami," ujar Rubin, vice president of engineering Google itu.

Debut Android telah dimulai tahun ini dan diperkirakan akan hadir sekitar 20 varian handset dari berbagai vendor smartphone pada akhir tahun 2009. Rubin memperkirakan Android juga mulai dilirik pengguna kelas bisnis mulai tahun ini.

Jika Google masuk, persaingan di pasar handset bisnis ini akan semakin ketat karena Google memiliki layanan-layanan berbasisi online yang ditujukan di pasar ini seperti Google Apps. Sebelumnya Apple telah mendemonstasikan kombinasi antara perangkat dengan fitur tinggi, aplikasi, dan layanan online. (kompas)

0 komentar: