Youtube Keluarkan Channel Khusus Pendidikan




Setelah sebelumnya diluncurkan situs yang menyajikan secara gratis video-video akademis bernama Academic Earth, melihat hal tersebut Youtube tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan channel khusus video pendidikan, Youtube EDU pada tanggal 26 Maret.

Beragam video yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran disatukan di channel tersebut. Konten-konten yang ada berasal dari100 lebih universitas dan institusi pendidikan lain, termasuk MIT, Yale, Harvard, Stanford, UC Berkeley, UCLA dan lain sebagainya yang kebanyakan di USA.

Dibandingkan Academic Earth, Youtube lebih unggul dari segi ketersediaan konten, lalu fitur-fitur pendukung video terutama subtitle/ caption yang dapat membantu penonton lebih mengerti materi yang dibawakan. Tapi, Academic Earth lebih rapi dalam pengaturan konten sehingga lebih cepat dan mudah bagi pengguna untuk mencari materi yang diinginkan berdasarkan topik dan juga pengajarnya. Yang saya perhatikan video di Youtube EDU belum benar-benar memanfaatkan fitur pemberian subtitle/ caption yang ada.

Semakin banyak maka semakin baik, layanan yang menyediakan konten pendidikan gratis makin banyak bermunculan. Semoga ini menjadi kabar baik bagi penyebaran ilmu pengetahuan yang terjangkau bagi semua orang dan menarik untuk melihat perkembangan layanan-layanan tersebut kedepannya.

Salah satu contoh video dari seorang profesor fisika Universitas Minnesota bernama James Kakalios yang menjelaskan teori fisika dari film layar lebar terbaru dari Warner Brothers movie, Watchmen.(Lifehacker)

0 komentar: