Wikia Search Menjadi Korban Krisis Ekonomi

Kabar mengejutkan datang dari pendiri Wikipedia Jimmy Wales yang pada hari Selasa mengumumkan diberhentikannya layanan mesin cari Wikia Search. Wikia Search adalah layanan mesin pencari yang diharapkan pada kemudian hari mampu bersaing dengan Google ini dengan memanfaatkan kontribusi komunitas/pengguna di mana mereka dapat mempengaruhi ranking dari daftar situs yang muncul dalam hasil pencarian dengan menilai relevan atau tidaknya hasil yang ditampilkan sebuah pencarian.

Pada awalnya Wikia Search akan menjadi salah satu proyek jangka panjang, namun krisis ekonomi yang ada sekarang ini memaksa Wales untuk melakukan beberapa perubahan.

Wikia Search tidak berada pada jalur yang benar. "Layanan ini terlalu jauh melenceng dari yang seharusnya," kata Wales. "Sebelum benar-benar berguna bagi publik dibutuhkan sekurang-kurangnya setahun atau dua tahun lagi, dan kami belum dapat merealisasikannya dalam keadaan sekarang."

Walaupun Wikia Search sudah melakukan banyak peningkatan dan pengalaman pencarian baru bagi pengguna, tetapi penggunanya masih sangat minim, hanya sekitar 10,000 pengunjung baru per bulan selama enam bulan terakhir. Akan ada dua pegawai yang dirumahkan karena penutupan layanan ini, kata Wales. Sebagai perbandingan, proyek Wales lainnya paling sedikit memiliki 30 juta pengguna baru setiap. Proyek seperti Wikia Answer memiliki perkembangan pengguna yang sangat pesat.

Meskipun begitu Wales mengatakan dengan optimis, "Saya akan membuka kembali layanan ini jika keadaan ekonomi telah membaik." Wales masih percaya kalau mesin cari butuh keterbukaan, yang secara tidak langsung mengkritik mesin cari Google dengan algoritma dan metode pencariannya yang sebagian besar ditutup rapat.



Pada bulan November tahun lalu Google telah meluncurkan fitur yang mirip dengan Wikia Search, sebuah fitur yang ditampilkan untuk pengguna yang memiliki akun Google di mana mereka dapat menentukan posisi hasil pencarian, menghapus, menambahkan, dan memberi keterangan dari hasil pencarian yang ditampilkan. Hasil perubahan tersebut kemudian akan disimpan oleh Google melalui SearchWiki, jadi pencarian yang sama akan memunculkan perubahan yang sebelumnya telah dibuat, tapi tidak seperti Wikia Search, saat ini perubahan hanya berlaku untuk masing-masing pengguna dan tidak kepada semua pengguna. (CNet)

0 komentar: