Skype Tawarkan Nelpon Gratis di Nokia




Pada hari Selasa di GSMA Mobile World Congress 2009 - Barcelona, Skype, perusahaan milik eBay ini mengumumkan kerjasamanya dengan Nokia, selaku perusahaan pembuat perangkat seluler terbesar di dunia. Dengan kerjasama ini aplikasi VoIP milik Skype akan ditanamkan pada ponsel keluaran Nokia. Nokia sendiri berencana menyertakan aplikasi Skype pada jajaran ponsel pintar high-end mereka, yaitu seri N. Ponsel N97 yang akan keluar pada Juni 2009 akan menjadi ponsel pertama Nokia yang dilengkapi dengan Skype.

Skype akan memiliki integrasi dengan daftar alamat di N97, memungkinkan pengguna untuk melihat apabila teman Skype yang sedang online. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan fasilitas instant messaging Skype langsung dari daftar alamat N97. Yang terpenting adalah pengguna N97 akan dapat melakukan panggilan telepon murah atau bahkan bebas biaya melalui internet ketika berada pada jaringan 3G atau hotspot/ Wi-Fi. Sambungan telepon antar pengguna Skype dapat dilakukan tanpa biaya/gratis sedangkan layanan SkypeOut memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dari Skype ke jaringan telepon biasa dengan biaya rendah, baik secara lokal maupun internasional.

Nokia bukan satu-satunya vendor yang mengumumkan perjanjian kerjasama dengan Skype pada perhelatan Mobile World Congress. Pada hari Senin , Sony Ericsson mengumumkan akan menyediakan panel Skype di ponsel Xperia1 yag berbasiskan Windows Mobile.

Kerjasama tersebut tentunya menjadi kabar gembira bagi para pengguna ponsel, terutama bagi mereka yang senang berpergian ke luar negeri atau memiliki saudara di negara lain. Melakukan panggilan internasional tentunya sangat menguras biaya, tetapi kini dengan hadirnya aplikasi Skype biaya tersebut bisa ditekan. Pihak vendor ponsel sendiri senang karena produk premium mereka mendapatkan nilai tambah dan diharapkan pembeli dapat tergiur dengan fasilitas yang ditawarkan melalui Skype. Harapannya kedepan semoga penetrasi Skype ke vendor-vendor ponsel dapat lebih intensif lagi sehingga kita bisa mendapatkan ponsel murah dengan biaya panggilan yang murah pula. (via CNet)

Untuk Anda yang sudah tidak sabar lagi, sudah ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan Skype secara gratis melalui Fring (iPhone, iPod Touch, Windows Mobile maupun Symbian) atau Nimbuzz, walaupun masih berupa sebuah aplikasi independed yang tidak memiliki integrasi kuat dengan ponsel.

0 komentar: