Office 2007 Service Pack 2 Sudah Siap Unduh dan Dukung PDF & ODF



Office 2007 LogoPihak Microsoft akhirnya mengeluarkan Service Pack 2 pada hari Selasa lalu untuk paket aplikasi Office 2007 melalui berbagai sumber unduh yang ada di jaringan atau situs mereka. Para pengguna Office 2007 di seluruh dunia telah menanti rilis paket update besar kedua ini yang dijanjikan terdapat peningkatan dari sisi fungsionalitas, performa, dan stabilitas. Yang menarik dari update kali ini adalah Microsoft akhirnya memasukkan ODF (Open Document Format) atau format dokumen terbuka dan PDF (Portable Document Format), tentunya hal ini akan semakin menambah lengkap dukungan format file dokumen yang bisa dibuka melalui aplikasi Office 2007.

Perbaikan Signifikan di Outlook 2007

SP2 membawa 600 lebih perbaikan terhadap bug dan peningkatan kinerja yang paling signifikan dihadirkan untuk aplikasi Microsoft Outlook. Peningkatan kecepatan menjadi 26 persen lebih cepat didalam melakukan tugas umum dalam mengelola email dan pengguna akan dapat merasakan pengalaman menggunakan Outlook yang lebih gegas dalam meluncurkan aplikasi, melakukan sinkronisasi dan pencarian. Perbaikan terhadap akses IMAP (Internet Message Access Protocol) yang lambat juga akan mempercepat akses bagi pengguna layanan email GMail di Outlook melalui IMAP. Untuk akses POP (Post Office Protocol), Outlook sekarang tidak lagi mengunduh email yang paling lama, tapi sebaliknya akan mengunduh email yang tanggalnya paling baru terlebih dahulu. Beberapa bug yang berkaitan dengan bug RSS fedd di Outlook 2007 juga sudah diperbaiki.

Di bagian server, para profesional TI akan menyadari beberapa peningkatan keamanan dan kinerja dari aplikasi SharePoint Server 2007, termasuk dukungan untuk konten basisi data yang read-only, peningkatan untuk proses otentifikasi berbasis form, dan disertakannya sebuah STSADM, yaitu utilitas command-line yang memungkinkan pihak administrator untuk melakukan pemindaian terhadap error/ kesalahan pada situs. Dan yang terakhir dukungan SharePoint Server untuk browser terbaru Firefox.

Bagi pengguna Office versi lama yang bergantung pada aplikasi pembaca dokumen dalam format khusus (docx, xlsx, dan pptx) seperti Word 2007 Viewer, Excel 2007 Viewer, dan Powerpoint 2007 Viewer. SP2 ini juga memiliki perbaikan dan pembaharuan bagi tiga untuk aplikasi pembaca dokumen tersebut.

Dukungan ODF = Kemenangan Komunitas Opensource

Office 2007 Support ODF & PDF.png Dengan menginstal Service Pack 2 ini ke dalam Office 2007 Anda maka Anda dapat membuka/membaca, sekaligus membuat/ menulis dan menyimpan dokumen dalam format ODF dan PDF tanpa perlu plugin ataupun aplikasi tambahan yang mendukung format tersebut seperti contohnyaOpenOffice. Format ODF ini sendiri terdiri dari tiga tipe, yaitu ODT (Open Document Text ), ODS (Open Document Spreadsheet), dan ODP (Open Document Presentations). Format ini beanr-benar didukung penuh oleh Microsoft sehingga Anda bisa mengatur ODF agar dijadikan format standar setiap kali Anda menyimpan file dokumen melalui aplikasi Word, Excel dan Powerpoint di Office 2007.

Keputusan Microsoft ini tak pelak lagi membaut gembira Aliansi ODF (ODF Alliance) atau para pendukung format terbuka. Direktur Aliansi ODF, Marino Marcich mengatakan, "Ini adalah suatu kemenangan bagi ODF, sekaligus menandakan sebuah perubahan keputusan dari Microsoft yang pada awal peluncuran Officce 2007 menolak dukungan terhadap format ini."

Di sisi lain alasan Microsoft untuk memberi dukungan format terbuka ini ke dalam aplikasi mereka dikarenakan banyaknya pelanggan/ pengguna Office 2007 terutama kalangan korporasi yang beralih ke aplikasi sejenis yang opensource dan kalangan pemerintahan banyak membuat kebijakan agar menggunakan format dokumen opensource di seluruh istansi. Aplikasi opensource kebanyakan sudah memiliki dukungan format dokumen yang luas termasuk mendukung format milik aplikasi Microsoft Office. Tren ekonomi yang sedang lesu membuat banyak pihak beralih ke solusi yang lebih hemat biaya dan itu ditawarkan oleh aplikasi opensource. Tidak mau pelanggannya lebih banyak lagi yang berpindah ke produk milik pesaing sehingga Microsoft menambahkan dukungan format ODF ke dalam Office dan supaya bisa tetap bersaing dukungan format PDF atau XPS juga ikut dimasukkan dalam bentuk add-in.

Jadi siapakah yang sebenarnya paling diuntungkan? Yang pasti dalam hal ini pengguna Office 2007 sangat diuntungkan. Mereka tidak perlu lagi memenuhi ruang penyimpanan dengan menginstal aplikasi terpisah untuk mendukung format tertentu, dan yang paling menguntungkan Anda tidak perlu membeli aplikasi pembuat PDF seperti Adobe Acrobat yang harganya mulai dari $299 atau aplikasi lain semacamnya. Upgrade SP2 dengan gratis dan sekligus bisa menghemat uang Anda.

Install Office SP2.png


Anda bisa melihat daftar perbaikan, perubahan dan penambahan yang dibawa oleh Service Pack 2 untuk tiap-tiap aplikasi di dalam paket Office 2007 secara lengkap dengan mengunduh dokumen dalaam bentuk Excel ini.

Jika Anda pengguna Office 2007, untuk mendapatkan update ini dengan mudah bisa melalui Windows Update - Automatic Update (sekitar 28 Juli) yang akan membantu Anda dalam mengunduh dan menginstal paket tersebut yang ukuran totalnya 290 MB. Jika tidak ingin mengaktifkan Windows Update silakan unduh langsung paketnya melalui situs Microsoft Download Center - href=" http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyId=B444BF18-79EA-46C6-8A81-9DB49B4AB6E5&displaylang=en">The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 2 (SP2)

Link unduh lainnya untuk Office 2007 SP2 dari situs Download.com - http://download.cnet.com/2007-Microsoft-Office-Suite-Service-Pack-2-SP2/3000-18483_4-10914017.html

0 komentar: