Penjualan Nintendo DS Dua Kali Lipat PSP

Tidak saja perangkatnya yang bisa dilipat, tapi Nintendo DS bisa melipat dua kan seteru abadinya, yaitu Sony PSP dalam hal pencapaian penjualan. Nintendo sebagai perusahaan yang mengeluarkan game handheld NDS baru-baru ini mengklaim produk mereka sebagai perangkat game yang paling cepat terjual dari yang pernah ada. Total penjualan pada bulan 6 Maret 2009 telah mencapai 100 juta, angka tersebut berasal dari total penjualan di seluruh dunia. Suatu pencapaian yang luar biasa di industri game, karena pihak Nintendo hanya butuh waktu empat tahun dan tiga bulan sejak dirilisnya perangkat tersebut, yaitu pada tanggal 21 November 2004 silam.

Sebagai perbandingan produk game konsol portable yang juga keluaran Nintendo, Game Boy membutuhkan waktu 11 tahun dan dua bulan untuk dapat mencapai angka 100 juta penjualan, berdasarkan data dari internal perusahaan.



Total penjualan dari grafik di atas termasuk seri DS original, DS Lite dan DSi, dan sampai saat ini penjualan NDS masih tetap meningkat pesat, apalagi setelah diluncurkannya seri DSi yang mengalami peningkatan secara hardware dan software.

Lalu bagaimana dengan jumlah penjualan yang dicapai PSP sendiri? Walaupun kalah jauh dari NDS, tapi pihak SCE (Sony Computer Entertainment) masih bangga dengan klaim pencapaian penjualan PSP sebanyak 50 juta di seluruh dunia. Total penjualan itu sudah termasuk untuk semua seri PSP (PSP-1000, 2000, dan 3000). Perangkat game handheld ini sudah diluncurkan sejak 4 tahun yang lalu di Jepang, tepatnya pada Desember 2004.

Untuk mengejar ketertinggalan dari NDS mau tidak mau pihak Sony harus engeluarkan seri PSP terbaru dengan peningkatan fitur yang signifikan untuk menyeimbangkan banyaknya fitur menarik di NDS. Dari rumor yang beredar di ranah maya pihak Sony akan mengeluarkan PSP tanpa drive UMD (Universal Media Disc) dan bentuk slide, sehingga layar bisa di geser menutupi deretan tombol kontrol di bawahnya. Ada kemungkinan PSP terbaru akan lebih tipis, ringan dan mungkin akan ada dukungan layar sentuh. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dalam perang konsol portable ini.

0 komentar: