nVidia Rencanakan Mobile Internet Device $99

nVidia telah mengumumkan di konferensi Mobile World Barcelona bahwa mereka akan memperkuat berbagai produk mobile internet device (MID) dengan chip seri Tegra 600 mulai musim panas ini (pertengahan tahun). MID adalah sebuah gadget yang berukuran lebih besar daripada ponsel pintar, tetapi lebih kecil dari netbook dan dilengkapi konektivitas internet melalui WiFi atau 3G dengan tujuan utama berselancar web atau menonton video lewat internet. Dengan ukuran layar di antara 4 dan 12 inci, produk berbasis Tegra akan menggunakan Windows CE atau Google Android sebagai sistem operasi.

MID berbasis Tegra


Tegra adalah sebuah system on a chip yang menggabungkan CPU ARM dengan GPU grafis buatan nVidia sendiri, GeForce. Menurut General Manager Michael Rayfield, MID berbasis Tegra menyerupai MID buatan Intel yang menggunakan prosesor Atom, tetapi membutuhkan daya yang 10 kali lipat lebih sedikit. Rayfield juga mengatakan bahwa MID berbasis Tegra ini memiliki baterai yang dapat bertahan selama beberapa hari dan sudah dapat menampilkan video high definition 1080p.

MID berbasis Tegra dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan pita lebar seperti Skype, tetapi Rayfield juga mengatakan penggunaan itu bukanlah fokus utama dari MID, karena manajemen panggilan lebih cocok digunakan di sebuah sistem berbasis Windows Mobile dan bukan Windows CE. nVidia telah bekerja sama dengan Microsoft, Sony-Ericsson maupun Open Handset Alliance untuk membuat produk berbasis Android.

Tegra akan menargetkan segmen elektronik berharga murah dan dengan ini nVidia akan berpartisipasi dalam tiga segmen elektronik yang berbeda mulai dari segmen rendah (Tegra), menengah (nVidia Ion) dan tinggi (GeForce). (via VentureBeat dan Engadget)

0 komentar: