Intel Cliffside Ubah Laptop Menjadi AP Pintar

Menghubungkan laptop anda ke sebuah access point (AP) WiFi adalah sebuah pekerjaan mudah. Tetapi bagaimana cara anda menghubungkan komputer ke berbagai alat lain seperti kamera dan printer nirkabel? Untuk menjawab pertanyaan ini, Intel telah mengembangkan teknologi Cliffside untuk mengubah komputer anda menjadi AP berbasis perangkat lunak.

Anda mungkin berpikir bahwa "AP berbasis perangkat lunak telah ada sejak lama," akan tetapi manajer produk Intel Ashish Gupta melaporkan kepada TG Daily bahwa Cliffside tidak hanya menciptakan sebuah AP berbasis software.

Image Hosted by ImageShack.us


Teknologi ini mengkombinasikan kemudahan pakai seperti Bluetooth dengan kecepatan dan keamanan WiFi. Komputer yang menggunakan Cliffside akan menciptakan sebuah personal area network (PAN) untuk menghubungkan beberapa alat nirkabel sekaligus seperti Bluetooth.

Laptop akan mendeteksi alat - alat yang ada di sekitarnya dan sebuah jendela akan muncul, meminta pemakai untuk menerima atau menolak koneksi dari alat tersebut.

Bagaimana dengan keamanan? Gupta mengatakan bahwa Cliffside akan menggunakan teknologi sekuriti apapun yang tersedia seperti WEP atau WPA, akan tetapi harus bekerja dengan teknologi yang didukung semua alat. Contohnya, "apabila laptop anda menggunakan WEP tetapi kamera anda tidak mendukungnya, mereka tidak akan dapat terhubung."

Image Hosted by ImageShack.us


Gupta memotret sebuah foto di Intel Developer Forum Shanghai, kemudian secara nirkabel mengirimkan foto itu ke laptop yang berada di sekitarnya. Ia kemudian mencetak foto ini di sebuah printern Lexmark nirkabel yang terletak di sebelah laptop itu. Semua alat itu telah terhubung ke laptop melalui aplikasi Cliffside 'Central Point.'

0 komentar: