Gmail Mendukung Preview Video dan Gambar

Minggu lalu GMail memunculkan empat fitur baru di bagian Labs. Keempat fitur ini mampu menampilkan preview dalam bentuk gambar atau informasi lain dari situs pihak ketiga sesuai dengan link yang terdapat pada pesan yang kita terima. Saat ini fitur preview Gmail sudah mendukung empat layanan yang sangat populer di internet yaitu Yelp, Flickr, Picasa Web albums, dan Youtube.

Jika teman Anda mengirimkan link dari situs hosting gambar Picasa & Flickr, maka di bagian paling bawah dari pesan akan menampilkan preview dari gambar yang bersangkutan, begitupun dengan video di Youtube. Hebatnya Anda bisa menyaksikan langsung video tersebut dari dalam Gmail tanpa perlu mengunjungi situs Youtube.

Untuk dukungan layanan terakhir, yaitu Yelp memang tidak familiar bagi orang Indonesia. Yelp adalah situs yang menampilkan review/ulasan dari banyak orang terhadap suatu tempat, toko, pelayanan jasa dan lain sebagainya, tapi sayangnya layanan ini terbatas pada wilayah USA dan UK saja.

Dengan adanya fitur ini Anda dapat dengan cepat mengetahui konten dari link ataupun hyperlink yang dikirimkan tanpa perlu mengunjungi link yang dikirimkan secara manual.

Preview Link Picasa di GMail



Preview Link Flickr di GMail



Preview Link Youtube di GMail



Preview Link Yelp di GMail



Untuk menggunakan fitur ini Anda harus terlebih dulu meng-aktifkannya di GMail Labs. Masuk ke halaman GMail dan di bagian atas klik ikon berwarna hijau berbentuk botol kimia atau bisa juga melalui Settings dan klik tab Labs. Cari dari daftar fitur yang ada dan pilih Enable untuk fitur yang dimaksud.



Munculnya fitur preview untuk Flickr dan Yelp menunjukkan kalau Google telah mulai membuka fitur tersebut untuk pihak ketiga setelah sebelumnya hanya berlaku untuk layanan milik Google, seperti Google Maps, Calendar dsb. Melalui blog resminya Google memang mendorong pihak ketiga yang tertarik dengan Gmail Labs untuk mengajukan situsnya sehingga bisa informasi dari konten yang terdapat pada situs tersebut bisa ditampilkan. Tidak mustahil bahwa dalam waktu dekat ini akan muncul sub-kategori baru di dalam GMail labs khusus untuk fitur preview ini. (Cnet)

0 komentar: