GFI Backup 2009; Aplikasi Backup Dengan Fitur Komplit Sekarang Ditawarkan


GFI Backup Logo.png Kehilangan data menjadi suatu mimpi buruk bagi semua pengguna PC yang menyimpan datanya di dalam sana. Kadang data yang disimpan menurut pandangan beberapa orang lebih berharga daripada uang berapapun, tidak tergantikan keberadaannya. Pandangan tersebut tidak terbatas hanya pada data-data milik perusahaan saja, para pengguna PC rumahan pun pasti setidaknya memiliki satu data penting yang tidak boleh sampai hilang atau rusak. Walaupun PC sudah dilengkapi dengan antivirus, antispyware, firewall dan aplikasi keamanan lainnya dengan maksud melindungi data dari ancaman malware, namun kemungkinan untuk terhapus atau rusak sampai tidak bisa dikembalikan lagi (restore) tetap saja ada dengan berbagai macam penyebab, seperti serangan virus baru yang tidak terdeteksi antivirus, kerusakan harddisk, head jatuh dan menyebabkan permukaan harddisk tergores, PC terbakar mungkin, dan lainnya. Hal tersebut merupakan kejadian yang dapat menimpa PC Anda kapanpun. Dalam kasus ini melakukan backup atau salin data ke tempat penyimpanan lain adalah solusi yang paling tepat, saat data Anda di tempat penyimpanan utama hilang atau rusak sampai-sampai tidak bisa lagi dikembalikan, maka Anda yang beruntung memiliki backup data bisa mengembalikan data tersebut seperti sedia kala.

GFI Backup 2009 merupakan aplikasi backup dan restore premium yang dulunya berbayar, tapi sekarang ini telah ditawarkan gratis untuk digunakan bagi pengguna PC rumahan. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, tampilannya rapi dan bersih, handal, memiliki yang sangat komplit dibandingkan aplikasi backup lainnya, dan dilengkapi dengan wisaya (wizard) yang akan semakin mempermudah Anda untuk memanfaatkannya secara maksimal. Aplikasi ini diperuntukan bagi pengguna Windows XP Home, Windows XP Professional SP2, SP3 (versi x86 dan x64) dan semua edisi Windows Vista kecuali Vista Starter.

GFI Backup Task.jpg


Fitur-fitur utama yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi ini:
  1. Tampilan yang Memudahkan
    Tampilan file manager dalam bentuk tree-view yang memungkinkan Anda untuk melihat semua file yang ada dijadwal backup dengan mudah dan file yang baru akan dimasukkan pada sesi backup berikutnya. GFI Backup dapat diatur supaya langsung berjalan pada saat startup dan bisa Anda akses melalui sistem tray.

  2. Pilihan Backup Bervariasi
    Sumber backup yang dimungkinkan melalui aplikasi ini adalah pada hard disk internal dan eksternal, pada LAN (Local Area Network), media CD/ DVD, perangkat removeable media seperti USB Flash disk, memory stick, flash memory, floppy disk dan lain-lain, dan tempat penyimpanan yang jauh melalui koneksi protokol FTP.

    GFI Backup System Tray.jpg


  3. Sinkronisasi File dan Folder
    Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi folder dari beraga media, misalkan melakukan sinkronisasi kumpulan software di USB Flash Disk dengan yang ada di komputer, sehingga software versi terbaru yang ada di komputer bisa dengan mudah menggantikan software versi lama di dalam USB. Atau contoh lain menyamakan file atau folder dokumen yang ada di laptop dengan di komputer desktop.

  4. Backup Pengaturan Pada Aplikasi
    Dengan menggunakan mesin skrip publik, GFI Backup 2009 mampu melakukan backup pengaturan (settings) pada beberapa aplikasi, seperti di aplikasi browser Internet Explorere, Firefox, Opera, Microsoft Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Eudora, Windows settings dan lain-lain.Di bagian tab Source klik User Settings

  5. Melakukan Backup Pada File yang Aktif
    Dengan memanfaatkan Volume Shadow Copy Service di Windows Anda bisa melakukan backup file walaupun pada saat yang bersamaan file tersebut sedang dibuka/ aktif. Untuk dapat mengaktifkan layanan VSCS Anda harus login sebagai administrator dan hanya bekerja pada sistem operasi Windows XP SP1 atau di atasnya dan Windows Vista.

  6. Menggunakan Arsip ZIP Standard
    GFI Backup 2009 tidak menggunakan format arsip file tertutup, tapi menggunakan format ZIP yang sudah menjadi standard dan banyak dipakai. Sehingga data-data hasil backup aplikasi ini dapat dibuka atau direstore secara manual dengan aplikasi pembuka file ZIP lain walaupun GFI Backup tidak terinstal. Tidak ada batasan ukuran maksimal bagi file backup ZIP. Anda dapat memilih untuk menyertakan pembuka file arsip bawaan (self-extracting archives). Jika menggunakan jenis kompresi ZIP, GFI Backup dapat memotong-motong file menjadi beberapa bagian dan menyebar arsip ke lebih dari satu tempat penyimpanan.

  7. Backup Secara Incremental dan Differential
    GFI Backup 2009 bisa diatur supaya file yang dibackup hanya file terbaru saja atau file yang baru dilakukan perubahan. Melakukan penghapusan file backup yang sudah tidak tidak tersedia lagi di lokasi file-file yang menjadi sumber backup. GFI Backup juga menyediakan mekanisme kontrol yang memungkinkan Anda untuk melakukan versioning, yaitu file backup yang sebelumnya tetap disimpan dan tidak terhapus dengan file backup versi terbaru.

  8. Menggunakan Enkripsi AES 256-bit, Standar Militer
    GFI backup 2009 menggunakan kunci enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) 256 bit yang telah menjadi standar enkripsi di kalangan militer untuk melakukan proteksi file dengan lebih kuat dan handal. Algoritma enkripsi AES telah diadopsi oleh NIST (National Institute of Standards and Technology) sebagai sebuah FIPS (Federal Information Processing Standard) yang disetujui untuk digunakan oleh organisasi di pemerintahan Amerika untuk melindungi informasi sensitif.

  9. Pencarian File Dengan Filter
    Mencari file-file yang ingin dibackup menjadi lebih mudah dengan adanya fitur untuk memfilter tipe-tipe file secara spesifik. Anda dapat memilih untuk menampilkan file yang berupa file musik, dokumen, foto dan tipe file lainnya yang ada di dalam tempat penyimpanan, tanpa perlu menyeleksi tiap folder secara manual. Anda juga bisa memilih tipe ekstensi filenya seperti apa, misalkan hanya menampilkan file dengan ekstensi *.txt ; *.jpg ; *.mp3.

    GFI Search Mask.jpg


  10. Integritas Data
    GFI Backup 2009 menggunakan CRC (cyclic redundancy check) untuk melakukan verifikasi pada setiap file yang disalin selama proses backup untuk memastikan integritas (tidak ada file yang terduplikasi) dan konsistensi dari file-file tersebut.

  11. Backup Registry Windows
    Jika mau Anda pun bisa mengikut sertakan Windows Registry sebagai salah satu komponen yang dimasukkan di dalam paket backup Anda.

  12. Task Scheduler Bawaan Yang Memudahkan
    GFI Backup 2009 tidak bergantung pada Task Scheduler standard yang ada di Windows, tapi aplikasi ini menggunakan mekanisme penjadwalan tugas bawaan yang lebih handal.

    GFI Backup Scheduler.jpg


  13. Pemberitahuan Dalam Bentuk Email
    Jika proses backup yang berjalan terjadi kegagalan, error, ada intervensi dan informasi lainnya, maka Anda bisa atur supaya hal-hal tersebut dilaporkan melalui pesan email. Bisa juga melaporkan secara rutin setiap kali proses backup telah selasai dilaksanakan. Opsi tambahan dimungkinkan seperti menyertakan attachment berupa file log dan mengirimkannya ke beberapa alamat email.

  14. Detil Log/ Jejak Semua Operasi Backup
    Aplikasi ini akan menuliskan log pada komputer lokal mengenai semua operasi backup dengan detil mengenai apa saja yang dibackup, jam mulai dan selesai dari proses backup, durasi waktu backup, ringkasan informasi, status operasi, kemungkinan peringatan dan error. Log dicatat untuk tiap tugas, atau log untuk beberapa kelompok tugas. Log dapat diekspor ke dalam bentuk file HTML.

GFI Backup General Options.jpg


GFI Backup Progress.jpg


Saat akan mengunduh aplikasi GFI Backup 2009 ini Anda akan disuruh mengisi nama dan alamat email dan setelah itu langsung dibawa ke halaman selanjutnya untuk mendapatkan link unduh melalui FTP atau HTTP, jangan lupa unduh pula buku manualnya dalam bentuk PDF.

0 komentar: