FriendFeed Percepat RSS dengan SUP

Logo FriendFeedRSS adalah tulang punggung dari berbagai layanan web 2.0 hari ini, walaupun kecepatannya tidak ideal. Tata krama di web juga mendikte frekuensi pengecekan RSS untuk tidak dilakukan lebih dari 15 menit sekali. Apabila menggunakan beberapa aplikasi sekaligus, terkadang informasi yang kita tunggu membutuhkan sekitar 1 jam sebelum sampai di tempat kita. Contoh: Google Reader -> FriendFeed -> FeedBurner.

Beberapa orang mencoba mengatasi solusi ini akan tetapi hari ini adalah pertama kalinya solusi proyek open source yang tengah dikembangkan FriendFeed diumumkan. FriendFeed tengah mengembangkan add-on open source untuk RSS dan Atom untuk memudahkan deteksi feed yang telah diperbaharui — mempercepat web.

SUP

FriendFeed tengah mengembangkan spesifikasi baru yang dinamakan Simple Update Protocol (SUP). Salah seorang pendiri FriendFeed Paul Buchheit mengatakan bahwa SUP adalah "sebuah 'ping feed' sederhana dan kecil yang digunakan layanan web untuk memberi tahukan konsumen bahwa feed mereka telah diperbaharui. SUP mengurangi latensi sekaligus meningkatkan efisiensi tanpa perlu melakukan banyak pengecekan periodik." (via RWW)

Dengan kata lain, sebuah protokol sejenis "push mail" (fitur utama yang ditawarkan BlackBerry) atau "IMAP IDLE" (solusi open source-nya) untuk RSS. Beberapa keuntungan dari SUP:
  • Mudah diimplementasikan — kebanyakan situs dapat menambahkan dukungan ini hanya dengan menambahkan beberapa baris coding
  • Bekerja melalui HTTP sehingga mudah diimplementasikan
  • Cacheable
  • Kecil — update hanya berukuran 21 bytes
  • Tidak membocorkan nama pemakai atau data sensitif (seperti Google Reader Shared Items)
Baca juga pengumuman FriendFeed untuk detil lebih lanjut.

0 komentar: