2010, Gigabit Wi-Fi

IEEE yang bertanggung jawab memelihara semua standar spesifikasi nirkabel mengumumkan bahwa Walaupun spesifikasi 802.11n masih belum selesai, dua kelompok peneliti sudah mulai mengembangkan generasi nirkabel baru yang dapat menyaingi kecepatan gigabit yang ditawarkan koneksi ethernet hari ini. Mereka telah masing-masing mengajukan proposal standar yang akan dinamakan IEEE 802.11 VHT (Very High Throughput) yang beroperasi di dua kanal frekuensi, 60GHz untuk pemakaian jarak dekat dan 6GHz untuk pemakaian jarak jauh.

Walaupun kedua proposal ini masih belum disetujui secara resmi oleh IEEE, para peneliti optimis bahwa proposal ini akan disetujui. Apabila proposal ini disetujui, kecepatan transfer data nirkabel akan meningkat drastis. Walaupun standar 802.11n mengatakan bahwa kecepatan maksimum 802.11n dapat mencapai 300Mbps, akan tetapi pada prakteknya berbagai perangkat jaringan 'pre-n' yang sudah ada hari ini hanya mampu mencapai kecepatan sekitar 100 Mbps tergantung trafik jaringan.

Proposal 802.11 VHT bertujuan untuk membuat produk berkecepatan minimum 1Gbps sehingga kecepatan maksimum secara spesifikasi akan lebih tinggi lagi. Tushar Moorti, direktur di divisi WLAN Broadcom mengatakan bahwa "untuk saat ini kami ingin agar kecepatan minimum setiap link mencapai 500Mbps dan setiap perangkat access point yang mendukung VHT mampu menggunakan beberapa link sekaligus sehingga total kecepatannya akan jauh lebih dari 1Gbps."

Craig Mathias, salah seorang pimpinan Farpoint Group juga memberikan prediksi yang sangat optimis, mengatakan bahwa "kita akan melihat standar VHT dalam dua tahun dan produk-produk WLAN dengan kecepatan lebih dari 1 Gbps akan mulai bermunculan dalam tiga tahun ini," prediksi yang menurut saya agak terlalu positif mengingat spesifikasi Wi-Max yang mulai dikembangkan pada tahun 2004 juga hingga kini masih belum rampung. Proposal VHT yang diajukan ke IEEE sendiri menargetkan tahun 2012 atau 2013, akan tetapi memang sudah banyak vendor teknologi nirkabel besar yang sudah turut aktif dalam proyek ini termasuk Atheros, Broadcom, Intel, Marvell, Motorola dan Nortel. (Network World)

Update: seperti yang dikatakan agin, spesifikasi 802.11n berbeda dari WiMax (spesifikasi 802.16x). 802.11n adalah teknologi wireless LAN untuk menggantikan fungsi ethernet secara nirkabel sedangkan WiMax adalah teknologi wireless WAN untuk memperluas jangkauan jaringan pita lebar seperti cable atau DSL. Maaf atas kesalah pahaman ini.

0 komentar: